Sabtu, 12 Februari 2011

Perpustakaan Desa Samiran

Ilmu pengetahuan adalah salah satu elemen yang dapat membangkitkan kualitas hidup manusia, tak terkecuali masyarakat Desa Samiran. Dalam pengembangan ilmu pengetahuan, tidak hanya dilakukan di sekolah maupun lembaga pendidikan lain, tetapi juga dapat dilakukan melalui kegiatan informal. Kegiatan informal tersebut antara lain adalah dengan cara diskusi dan membaca buku ilmu pengetahuan.
Untuk meningkatkan intensitas diskusi dan membaca buku, maka Tim KKN Undip 2011 melaksanakan program Pengembangan Perpustakaan Desa Samiran di mana sebelumnya telah ada embrio dari sebuah perpustakaan desa.Beberapa kegiatan di dalam program tersebut adalah penyatuan dua perpustakaan (di BLM dan Kantor Kades Samiran) menjadi satu di kompleks Balai Latihan Masyarakat (BLM) Desa Samiran dan penambahan koleksi buku. Selain dua kegiatan utama tersebut, Tim KKN juga melakukan kegiatan penataan buku dan administrasi perpustakaan agar kinerja Perpustakaan Desa menjadi lebih optimal.
Kegiatan penataan buku meliputi penataan buku sesuai dengan kategori buku, pembersihan buku-buku yang berdebu, pembersihan rak buku, dan pemindahan kursi baca. Dalam kegiatan administrasi, tim KKN menyusun daftar inventaris buku, data peminjaman buku, dan buku tamu.
*  *  *  *  *  *  *  *  *
Pembaca di Perpustakaan Desa Samiran adalah anak –anak, murid sekolah, petani sayur-mayur, peternak sapi, perangkat desa, tim pelatihan keterampilan, dan masyarakat umum. Tiap Minggu pagi, banyak anak-anak yang berkunjung ke Perpustakaan Desa untuk membaca koleksi buku yang tersedia, terutama buku yang berisi cerita rakyat dan kisah-kisah masa lalu.
Selain berisi buku cerita, Perpustakaan Desa juga memiliki koleksi buku mengenai sains, kenegaraan, pendidikan anak usia dini, pelajaran sekolah, majalah umum, dan keterampilan masyarakat (budidaya dan pengolahan pertanian, peternakan, dan perikanan). Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa koleksi buku di Desa Samiran sudah lengkap dalam hal kategori untuk mensuplai kebutuhan warga desa. Namun, jumlah koleksi judul mauapun eksemplar buku masih kurang untuk memenuhi jumlah warga dan rasa ingin tahu masyarakat Desa Samiran.
Untuk itu, kami mengajak para pembaca turut serta dalam program Pengembangan Perpustakaan Desa Samiran ini, yakni dengan cara menyumbangkan sejumlah buku untuk penambahan koleksi buku Perpustakaan Desa. Semoga Tuhan membalas semua kebaikan dari pembaca sekalian.

Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah menulis pesan, kritik, atau pendapat Anda di kotak komentar.

Didukung oleh: