Sabtu, 12 Februari 2011

Pos Pengamatan Uga - Desa Samiran, Boyolali


Gunung Merapi adalah salah satu gunung paling aktif di dunia. Setiap empat tahun sekali, gunung ini akan mengeluarkan magma dari perut bumi, serta akan mengalami erupsi dalam skala besar setiap 100-120 tahun sekali. Erupsi tahun 2010 adalah erupsi terbesar dalam satu dekade terakhir.
Untuk mengamati aktifitas vulkanik Gunung Merapi, maka dibangun enam pos pengamatan, yakni Pos Pengamatan Uga (Desa Samiran, Boyolali), Pos Pengamatan Jrakah (Desa Jrakah, Boyolali), Pos Pengamatan Kaliurang (Kaliurang, Yogyakarta), Pos Pengamatan Pos Ngepos (Magelang), Pos Pengamatan Mbabatan (Magelang), Pos Pengamatan Ndeles (Klaten, sekarang sudah ditutup dan tidak digunakan lagi).
Beberapa  Pos Pengamatan tersebut dijadikan sebagai lokasi wisata alam, yakni untuk menikmati keindahan pemandangan alam di sekitar Gunung Merapi. Salah satu pos pengamatan yang digunakan sebagai obyek wisata adalah  Pos Pengamatan Uga.  Pos Pengamatan ini berada di Desa Samiran, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali.
  *  *  *  *  *  *  *  *  *
Pos Pengamatan Merapi - Uga
Pos Pengamatan Uga berada dalam radius 4 km dari puncak Merapi, tapi keberadaannya tidak pernah terkena dampak erupsi Merapi karena aliran magma dan wedus gembel mengarah ke selatan, yakni  Pos Pengamatan Kaliurang (Yogyakarta). Akses menuju  Pos Pengamatan  ini juga terbilang mudah karena lokasinya yang dekat dengan jalan Boyolali-Magelang dan juga dekat dengan Kantor Kecamatan Selo, Boyolali.
Berada di ketinggian + 1000 m di atas permukaan laut menjadikan kondisi udara di sekitar  Pos Pengamatan  Uga terasa sangat sejuk.Dengan adanya hembusan angin dari Merbabu maupun dari Merapi menjadikan udara di sekitar terkadang menjadi dingin, terkadang terasa hangat. Posisinya lebih tinggi  + 20 meter dari daerah di sekitarnya sehingga pemandangan dari Pos Pengamatan Uga sangat luas dan tak terbatas ke semua arah. Kondisi ini memungkinkan bagi pengunjung untuk menikmati pemandangan seluruh Kecamatan Selo tanpa ada halangan. Dari halaman Pos Pengamatan Uga, pemandangan yang disajikan akan terasa sangat mempesona dan menakjubkan. Kekokohan Gunung Merapi terlihat dengan jelas ketika cuaca terang dan tak berkabut.
Gunung Merapi difoto dari Pos Pengamatan Uga
Dari gambar, terlihat jelas puncak Gunung Merapi yang berwarna ke abu-abu an dan tak tertutup oleh tanaman hijau. Terkadang, puncak Merapi tertutup kabut putih yang tipis menambah keindahan dan kekuatan yang tersembunyi dari Gunung Merapi. Sedangkan di bagian bawahnya, tampak kaki gunung yang telah diolah oleh penduduk menjadi semcam terasiring untuk dijadikan tegalan (kebun sayuran). Pemandangan tegalan ini akan tampak sepeti sebuah kain tebal yang dibordir dan dibagi menjadi petak-petak berbentuk kotak.
Tegalan seperti kain yang dibordir
Pemandangan dari Pos Pengamatan Uga
Di bawah tegalan, kita akan melihat deretan permukiman warga yang tampak mungil dan tertata dengan pola cluster, sebuah pola yang mengikuti alur jalan raya dan sungai. Pada tiap alur sungai, akan terlihat deretan bambu yang memang tumbuh subur di daerah Kecamatan Selo (terdapat beberapa komunitas kerajinan tangan yang memanfaatkan bambu utuk dijadikan souvernir khas Kecamatan Selo).
  *  *  *  *  *  *  *  *  *
Untuk mencapai Pos Pengamatan Uga, kita harus berjalan kaki menyusuri tangga dengan lebar + 1 meter. Di setiap belokan tangga, kita akan dapat menikmati pemandangan alam yang luar biasa. Pada belokan yang terakhir, terdapat sebuah sitting-group dengan fasilitas meja dan payung untuk menikmati pemandangan dengan lebih nyaman. Dijamin, saat berada di tempat ini, pengunjung akan merasa betah berlama-lama menikmati pemandangan alam. Terlebih jika membawa bekal makanan ataupun minuman hangat.
Tangga menuju Pos Pengamatan Uga
Tempat istirahat (rest point) pendakian menuju Pos Pengamatan Uga
Jika ingin menikmati pemandangan dari Pos Pengamatan Uga dengan lebih jelas, kita dapat meminjam teropong dari penjaga Pos (gratis, tidak dipungut biaya). Tetapi, saat ini kita tidak bisa memanfaatkan teropong khusus (berukuran besar) karena sedang digunakan di pos pengamatan lain.
Teropong yang bisa dipinjam untuk menikmati keindahan alam sekitar

3 komentar:

ICUZINXMNIZDW mengatakan...

kalo boleh mau sih isi but.....

ICUZINXMNIZDW mengatakan...

http://icuz-lina.blogspot.com/

Samiran-Boyolali mengatakan...

ini mas Adhiek ya??boleh kog ngisi artikel di blog ini..
Silakan kirim artikel ke alamat e-mail kamu di:
samiran.boyolali@gmail.com
Kami akan segera memposting artikel kiriman..

Posting Komentar

Terimakasih telah menulis pesan, kritik, atau pendapat Anda di kotak komentar.

Didukung oleh: